Mohon baca penjelasan dibawah ini dengan teliti dan silakan jadikan acuan untuk pengisian Big Idea Canvas. Mohon mengisi dengan fakta dan atau pengalaman, bukan dengan harapan. Big Idea Canvas ini lebih tepat diisi bila bisnis sudah berjalan.

KESULITAN PELANGGAN

Seseorang membeli produk atau membayar layanan karena produk atau layanan tersebut mengatasi kesulitan pelanggan. Orang membeli pengering rambut karena ia kesulitan bila rambutnya basah terlalu lama.

1.1. Uraikan ciri PELANGGAN  secara rinci:

  • Bila Pelanggan atau Calon Pelanggan adalah pribadi dan bukan perusahaan: jenis kelamin, rentang usia, tempat tinggal, gaya hidup, perilaku, dsb.
  • Bila Pelanggan atau Calon Pelanggan adalah perusahaan: produk yang dihasilkan perusahaan, kebutuhan bulanan, penjelasan kebutuhan perusahaan akan produk atau layanan yang Anda sediakan.

 1.2. Kesulitan apa yang dihadapi dan apa yang harus pelanggan lakukan?

  • Bila Pelanggan atau Calon Pelanggan adalah perusahaan: dan mengalami gangguan dalam proses manajemen. Uraikan gangguan tersebut.
  • Bila Pelanggan atau Calon Pelanggan adalah pribadi: misalnya sakit, kesulitannya adalah tidak dapat melakukan kegiatan yang diinginkan. Yang harus dilakukan adalah meminta bantuan dokter dan menuruti petunjuk dokter.

1.3. Dalam menghadapi kesulitan (2), apa hal yang dibenci pelanggan?

  • Bila Pelanggan atau Calon Pelanggan adalah pribadi: misalnya sakit, yang paling dibenci adalah obat dokter yang tidak mempan mengatasi penyakitnya.
  • Bila Pelanggan atau Calon Pelanggan adalah perusahaan: misalnya berlarut-larutnya hambatan pada proses produksi.

1.4. Separah apa kesulitan yang pelanggan hadapi?

  • Pilih saja.

1.5. Seberapa sering pelanggan menghadapi kesulitan tersebut ?

  • Pilih saja.

1.6. Tingkat kesulitan pelanggan (kalikan jawab 1.4 & 1.5):

  • Hitung perkaliannya.

1.7. Apakah pelanggan mampu menghadapi kesulitannya sendiri?

  • Misalnya sakit, untuk penyakit ringan pasti pelanggan mampu menghadapi kesulitannya. Bila penyakitnya sudah sering terjadi, pelanggan juga mampu menghadapi kesulitannya.
  • Pilih saja.

POTENSI PASAR

Bagian ini perlu diisi dengan pasar (atau kumpulan pelanggan) yang berhasil anda layani.

2.1. Berapa banyak pelanggan atau calon pelanggan yang mengalami kesulitan tersebut?

  • Pilih saja berdasarkan pengalaman selama ini.

2.2. Apakah menyelesaikan kesulitan pelanggan atau calon pelanggan dapat mendatangkan keuntungan?

  • Artinya: biaya untuk membantu menyelesaikan kesulitan pelanggan lebih rendah dari kesediaan pelanggan untuk membayar.

2.3. Apakah jumlah pelanggan atau calon pelanggan akan bertambah karena tawaran anda?

  • Maksudnya: tawaran anda memang lebih menarik dibandingkan dengan tawaran lain yang tersedia, atau penyelesaian yang dilakukan oleh pelanggan sendiri.

2.4. Apakah tawaran anda akan membangun keinginan orang lain untuk mendapatkan layanan anda?

  • Artinya tawaran anda menyadarkan orang lain lagi bahwa ada cara lain yang lebih baik dalam menyelesaikan persoalan yang selama ini dihadapi.

2.5. Apakah yang membuat pasar ini tumbuh?
(e.g., peraturan pemerintah, perubahan teknologi, perubahan perilaku konsumen,
atau yang lain)

  • Misalnya, pasar untuk investasi jalan tol ditumbuhkan oleh pemerintah. Pasar power bank muncul karena perubahan teknologi. Pasar emoticon pada Line dan Whatsapp terjadi karena perubahan perilaku konsumen.

 2.6. Jumlahkan pilihan jawaban di pertanyaan 2.1 sampai 2.4?

  • Jumlahkan saja.

SOLUSI UNTUK KESULITAN PELANGGAN

Layanan atau produk adalah solusi bagi pelanggan.

3.1. Apakah nama solusi (produk, layanan, platform) anda?

  • Tuliskan nama produk, layanan, atau platform di bagian ini.

3.2. Uraikan solusi anda dan atau manfaat yang terpenting

  • Di bagian ini harus dijelaskan solusi tersebut dan atau manfaat yang terpenting.

3.3. Apakah solusi anda berbeda dengan yang sudah tersedia?

  • Diisi saja sesuai pilihan.

 3.4. Inovasi apa saja yang diterapkan pesaing anda?

  • Ini bukan tentang bisnis anda, tetapi tentang pesaing anda.

3.5. Apa saja yang membedakan solusi anda dari pesaing?

  • Perbedaan harus cukup berarti di mata konsumen.

3.6. Seberapa canggih anda dibandingkan dengan pesaing?

  • Bila tidak dapat menjawab, pilih ‘Bodoh’ (mohon maaf, ini tidak dimaksud untuk menghina).

POSISI ANDA DI PASAR

Bagian ini membahas persaingan yang sedang anda hadapi saat ini.

4.1. Bagaimana keadaan persaingan di pasar?

  • Lapangan kosong berarti tidak ada pesaing.
    Paus dan Hiu berarti banyak pesaing yang kuat dan besar.

 4.2. Siapa penguasa pasar yang utama? Sebutkan nama atau mereknya.

  • Bila tidak ada, maka jawaban 4.1 adalah Lapangan Kosong.

4.3. Apakah anda berhadapan langsung dengan penguasa pasar?

  • Berhadapan langsung berarti produknya sangat mirip, daerah sasaran yang sama dan atau konsumennya sama.

4.4. Bila anda menang, siapa saja yang akan langsung pailit?

  • ‘Menang’ berarti bisnis anda berkembang dengan pesat.

4.5. Untuk memasarkan solusi anda, apakah cara yang sudah anda gunakan

  • untuk memasuki pasar?
  • Maksudnya, cara yang sudah ditempuh karena program ini untuk bisnis yang sudah berjalan.

Silahkan unduh (download, jangan diisi di template ini) pada tautan berikut. Isilah template ini, kemudian unggah (upload) dengan menggunakan format PDF.