Sejumlah hal penting untuk dianalisis dalam membuat sebuah rencana bisnis, seperti analisis pasar dan analisis pesaing. Namun, analisis pasar masih menjadi titik lemah UMKM ketika membuat sebuah rencana bisnis.

Hal itu diungkapkan Yulianto Suharto, PharmD, MBA, MSc, dosen sekaligus peneliti SBM ITB saat menjadi pembicara dalam kompetisi bisnis plan untuk UMKM, iForteprenuer 4.0 yang diadakan oleh PT iforte Solusi Infotek. Dalam agenda tersebut, Yulianto membagikan tips dalam membangun bisnis plan yang efektif di era digital.

Analisis pasar, menurut Yuliaanto, sangat penting dalam kaitannya membuat sebuah bisnis plan ataupun implementasi bisnis. “Dengan adanya analisis pasar akan memudahkan pemilik UMKM untuk membuat produk dengan target pelanggan yang tepat,” kata Yulianto, Rabu (06/10/2021).

Selanjutnya, menganalisis pesaing juga harus menjadi perhatian bagi pelaku UMKM dalam membuat rencana bisnis. Menurut Yulianto, dengan menganalisis pesaing kita dapat mengetahui posisi kita di pasar. Ia sangat menyayangkan masih banyak pelaku UMKM yang tidak terlalu memperhatikan persaingan di market.

“UMKM kadang-kadang agak kurang peduli terhadap persaingan ini padahal sangat penting untuk melihat uang di market sesuatu yang real atau yang diperebutkan banyak orang,” imbuh Yulianto.

Selain analisis pasar dan pesaing, dalam paparannya Yulianto juga menjelaskan beberapa hal yang perlu dianalisis oleh pelaku UMKM dalam membuat rencana bisnis. Hal tersebut diantaranya adalah analisis pemasaran, analisis keuangan, rencana  organisasi, dan mitigasi risiko. Namun, sebelum melakukan analisis tersebut, perlu juga diperhatikan ide serta visi dan misi dari bisnis yang akan dikembangkan.

Rencana bisnis sebensrnya sederhana karena hanya menuangkan apa yang ada dalam benak pelaku UMKM ke dalam sebuah tulisan dan rencana bisnis yang efektif. Hal yang selama ini menjadi tantangan dalam membuat rencana bisnis adalah bagaimana mengkomunikasikan ide tersebut. “Tantangannya adalah bagaimana mengkomunikasikan ide tersebut supaya tersusun baik, simple, padat, dan menarik,” ujar Yulianto,

Dalam webinar yang diikuti oleh lebih dari 100 pelaku UMKM tersebut, Yulianto membantu para pelaku UMKM dalam merealisasikan konsep bisnis plan yang simple, padat, dan menarik. Tidak hanya berdasarkan teori, Yulianto juga membagikan pengalamannya selaku pelaku UMKM

Kontributor: Deo Fernando, Kewirausahaan 2021