SBM ITB mendatangkan dosen tamu dalam mata kuliah Bisnis Mikro dan Kecil, Suherman Soemardi, VP Government Relation PT Global Digital Niaga, Senin (4/10/2021). Dengan judul presentasi “Micro and small business opportunity in Indonesia’s ecommerce”, Suherman memaparkan perjalanan PT Global Digital Niaga, dalam hal ini yang lebih dikenal sebagai Blibli, dari tahun 2010 tanpa nama dan tanpa perusahaan, hingga saat ini telah memberikan dampak pada UMKM di Indonesia melalui berbagai acara yang telah diselenggarakan.
Lahir 25 Juli 2011, Blibli memiliki visi memberikan pengalaman terbaik bagi konsumennya untuk membangun kehidupan yang lebih baik melalui pembangunan ekosistem e-commerce bersama partner yang ada. Dari pembangunan ini, Blibli mendapat pelajaran bahwa kreativitas membutuhkan keberanian. Korporat membutuhkan komitmen jangka panjang dan produk yang relevan, harga dengan nilai keadilan, mudah dilakukan dengan teknologi, pengalaman berbelanja yang baik, pengiriman ke seluruh Indonesia, adaptif, and yang terpenting kepercayaan dan menghargai.
Dengan impian Blibli untuk menjadi katalis sesungguhnya pada ekosistem grup di Indonesia dan untuk mewujudkan komitmen Blibli kepada UMKM Indonesia, Blibli bekerja sama dengan beberapa pihak, seperti Bank Indonesia, Kementerian UKM, dan Smesco. Kerja sama dengan pihak-pihak tersebut menginisiasikan beberapa gerakan dan event untuk meningkatkan kesejahteraan dan perkembangan UMKM di Indonesia. Diantaranya, Kakak Asuh Galeri Indonesia x Smesco yang bertujuan untuk membantu UMKM yang memiliki keterbatasan sehingga tidak mampu mengelola tokonya secara mandiri di Blibli, E2E Program Ekspor Blibli x Youbeli yang bertujuan untuk memperbesar pasar UMKM Indonesia untuk menjual produknya di Malaysia, dan Support UMKM BI di Papua Barat pada tahun 2021.
Blibli yakin, UMKM berperan aktif dalam memberdayakan dan mengurangi jumlah pengangguran di daerah-daerah Indonesia. Oleh dari itu, melalui beberapa usaha yang dilakukan, UMKM di Indonesia dapat terus berkembang dan berhasil bertahan di dalam medan pertempuran untuk raksasa-raksasa e-commerce di Indonesia.