Perilaku pelanggan dalam melakukan pembelian terhadap barang atau jasa telah berubah di banyak negara. Digitalisasi diklaim sebagai salah satu faktor yang mengubah perilaku pelanggan.
Prof. Yang Sun dari Northeastern University, China berbagi tentang perilaku pembelian pelanggan di China dalam sesi kuliah tamu yang diadakan oleh Sarjana Manajemen, SBM ITB. Melalui kuliah umum bertajuk “China’s Buying Behavior and Consumption Habit”, Yang Sun menjelaskan tentang perubahan kebiasaan pembayaran di China.
“Di China, Anda mungkin pernah menemukan sebelumnya kami menggunakan metode pembayaran tunai tetapi saat ini sebagian besar orang China menggunakan metode pembayaran elektronik,” kata Yang Sun, Kamis (25/11/2021) melalui platform zoom.
Prof. Yang Sun mengungkapkan bahwa sebelumnya kebanyakan orang di China menggunakan uang tunai sebagai metode pembayaran. Namun, metode pembayaran ini memiliki beberapa kelemahan, seperti mudah hilang, banyak beredarnya uang palsu, mudah rusak, sulit dibawa, dan tidak dapat diterima di luar China.
Kemajuan teknologi telah mengubah kebiasaan pelanggan dalam metode pembayaran. Yang Sun mengungkapkan bahwa saat ini kebanyakan masyarakat China telah menggunakan metode pembayaran elektronik atau digital. Dengan demikian, sekarang masyarakat dapat membeli suatu produk atau jasa melalui perangkat smartphones dan dapat membayar di luar negara China.
“Jika Anda ingin bepergian ke China, Anda tidak memerlukan uang tunai, Anda hanya perlu membawa ponsel cerdas Anda, lalu Anda dapat menggunakan Alipay (platform pembayaran),” tambah Yang Sun.
Pembayaran digital memiliki banyak keunggulan seperti mudah dibawa, dapat dibayar di mana saja, sulit hilang, dan mendukung semua aplikasi di smartphones. Bahkan jika anda kehilangan ponsel pintar, Anda masih bisa menggunakan pembayaran digital selama masih mengingat kata sandinya.
Namun, Yang Sun menyoroti bahwa meskipun pembayaran digital memiliki kelebihan, metode pembayaran ini juga memiliki kekurangan seperti dalam hal privasi data.
“Jika Anda menggunakan metode pembayaran elektronik, itu berarti perusahaan memiliki data Anda tentang apa yang akan Anda bayar,” terang Yang Sun. Akibatnya, banyak pelanggan kehilangan informasi pribadi dan privasi mereka. Oleh karena itu Yang Sun mengatakan bahwa pelanggan perlu mengontrol privasi mereka. “Anda perlu membuat ponsel cerdas Anda sepenuhnya dipercaya,” tambah Yang Sun.