SBM ITB mengundang dosen senior University of Glasgow, Dr. Ramona Blanes, untuk mengisi kuliah tamu pada Kamis, 12 Oktober 2022. Ramona mengisi kuliah tamu berjudul The Challenges of Green Finance and its FinTech Solutions: Case of Asia.

Guest Lecture ini diadakan secara hibrida di Zoom dan Ruang Amphitheatre 2 MBA ITB. Mahasiswa MBA ITB kelas Young Professional Angkatan 66 dan Ketua Program Studi MBA ITB, Yunieta Anny Nainggolan, turut menghadiri kuliah tamu ini.

Menurut Ramona, Green Finance atau Pembiayaan Hijau adalah sebuah konsep dalam perbankan yang bertujuan untuk mempromosikan investasi ramah lingkungan dan proyek pembangunan jangka panjang. Hal ini juga bertujuan untuk mendistribusikan produk.

Pengeluaran modal untuk proyek atau pembangunan yang lebih ramah lingkungan adalah fokus utama Green Finance. Beberapa negara telah menunjukkan komitmen mereka untuk mengurangi emisi dan polusi serta mempromosikan Green Finance.

Jerman akan menerapkan aturan ketat dalam penggunaan kendaraan bermotor. China ingin menjadi pemimpin dalam Green Finance dengan mewajibkan semua bank China untuk berpartisipasi dalam program tersebut dan dengan mempromosikan Green Finance dengan menjunjung tinggi status China sebagai ekonomi terbesar kedua di dunia. Di Indonesia, “Green Finance” digambarkan sebagai industri bersama yang mencakup perbankan dan keuangan untuk transaksi bisnis tingkat tinggi yang dihasilkan dari kerjasama sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup.

FinTech juga dibahas dalam kuliah tamu ini. Istilah “financial-technology,” atau FinTech adalah inovasi teknis yang diciptakan di industri keuangan untuk memfasilitasi transaksi keuangan yang praktis, sederhana, dan efisien. Keuntungan FinTech selanjutnya adalah memberikan sumber daya bagi masyarakat setempat untuk pinjaman berbunga rendah.

Jelas, ini memiliki manfaat finansial yang signifikan bagi seluruh masyarakat. Bank dengan standar ketat dan suku bunga tinggi mendominasi industri jasa keuangan sebelum teknologi FinTech muncul.

Dalam Guest Lecture ini Ramona mengungkap, solusi berbasis financial technology terhadap tantangan Green Finance adalah artificial intelligence and advance data analytics, distributed ledger technologies, serta initial coin offering vs initial public offering.  Kuliah tamu ditutup dengan tanya jawab dan penyerahan kenang-kenangan dari MBA ITB oleh Ketua Program Studi, Yunieta Anny Nainggolan kepada Mrs. Ramona Blades.

Kontributor: Visco Asmara Hadi, MBA YP 2022