Growth Client Solutions Team Lead Tiktok Fikry Ardiansyah mengatakan storytelling kini menjadi komponen utama dalam strategi pemasaran digital. Storytelling yang baik menyoroti nilai dari suatu produk yang berkaitan dengan kondisi konsumen.

Untuk dapat membangun storytelling yang baik, memerlukan dasar-dasar pemikiran agar dapat mengkomunikasikan nilai produk yang baik kepada konsumen. Tak hanya itu, storytelling yang baik juga memerlukan karakter dan kreativitas agar dapat menampilkan kekuatan dari setiap produk dari konten-konten yang dihasilkan.

Fikry menjelaskan kedudukan storytelling dalam pemasaran digital saat mengisi kuliah tamu Magister Administrasi Bisnis Institut Teknologi Bandung (MBA ITB) kelas Young Professional 67A (YP67A) MBA ITB di Jalan Gelap Nyawang, Bandung, pada Senin, 7 November 2022.

Di kelas tersebut Fikri menjelaskan tentang pola pikir pemasaran digital, identifikasi produk unggulan dalam bisnis, bagaimana melibatkan konsumen dalam bisnis, bagaimana memetakan jenis-jenis konsumen melalui metode frekuensi pembelian, dan frekuensi pengeluaran di suatu periode.

Menurut Fikry, dalam storytelling, penting untuk memperhatikan lima detik di awal dan lima detik akhir. Waktu tersebut menentukan penonton akan tetap melanjutkan menonton konten yang kita produksi atau tidak.

Dengan perkembangan digital yang semakin pesat, maka penting untuk menerapkan prinsip ATM (amati, tiru, modifikasi),  agar konten-konten yang kita produksi tetap menarik perhatian konsumen. Fikry sebelumnya pernah menempuh pendidikan di MBA ITB, dengan pilihan program studi Executive Master of Business Administration (EMBA). Fikry merupakan alumni EMBA 58. 

Kontributor: Talitha Noveasara D, MBA YP 67A