SBM ITB melalui program studi kewirausahaan mengadakan kelas guess lecture dengan mengundang Sondang Mariani Rajagukguk, dosen senior akuntansi Universitas Kristen Maranatha pada Kamis (10/11/2022) di Gedung Labtek XIX Freeport SBM ITB. Bertema “Pentingnya Financial Statement Dalam Perencanaan Bisnis”, kuliah dihadiri mahasiswa program studi kewirausahaan angkatan 2024. 

Sondang mengatakan financial statement merupakan laporan yang tersusun dari setiap informasi penting mengenai aktivitas keuangan perusahaan, mulai dari transaksi, pendapatan, kerugian, perubahan modal, cash flow, hingga pengelolaan keuangan secara menyeluruh. Informasi-informasi tersebut  sangat penting dalam merancang kebijakan bisnis, karena sangat berkaitan dengan ketahanan finansial perusahaan. 

Dalam menyusun financial statement, kita perlu mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan arus keuangan suatu bisnis dalam periode tersebut, yang dicatatkan dalam jurnal keuangan. Data tersebut dimasukkan dalam ledger dengan menentukan trial balance. Setelah itu, kita bisa mendapatkan gambaran financial statement.

Financial statement yang baik memiliki keandalan, relevansi, understandability atau dapat dimengerti, dan comparability atau keterbandingan,” ujar Sondang. 

Sondang menjelaskan bahwa financial statement sangat berguna di segala bidang. Financial statement tidak hanya di dunia pemerintahan untuk penyusunan laporan APBN, tapi juga bagi sektor perbankan dalam penghitungan arus keuangannya, serta untuk keperluan investasi dalam melihat sehat atau tidaknya bisnis yang akan diinvestasikan.

Muhammad Farhan Dzaky Haryanto sebagai salah satu mahasiswa yang hadir merasa senang dan terbantu dengan ilmu yang diberikan oleh Sondang.

“Sangat membantu, karena sebagai calon wiraswasta masa depan, ilmu ini berguna dalam setiap kebijakan bisnis yang akan diambil dan juga menjadi pertimbangan dalam menjalankan bisnis kami kedepannya,” ujar Farhan sesaat setelah kegiatan tersebut.

Kontributor: Bashravie Thamrin, Manajemen 2024