Iklan adalah cara yang sangat efektif untuk memasarkan produk. Sebab iklan menargetkan individu-individu yang sudah memiliki minat terhadap produk tersebut.

Kini telah banyak orang berbelanja online. Perusahaan dapat dengan mudah menjangkau orang-orang ini melalui penggunaan strategi pemasaran online. 

Iklan membantu bisnis mendapat keuntungan dengan membuat lebih banyak orang tahu tentang produk atau layanan dan kemudian menghasilkan lebih banyak penjualan. Konsumen, sebaliknya, tidak akan tahu tentang produk dan layanan bila tidak diiklankan oleh perusahaan.

Iklan membantu pelanggan membuat keputusan berkaitan dengan produk dan layanan yang akan dibeli. Dengan bantuan iklan, pelanggan bisa menentukan pilihan yang terbaik.

Manfaat iklan itu disampaikan oleh Adita Mirza Alexander Lawendatu, seorang sutradara komersial yang khusus memproduksi materi iklan audivisual. Lawendatu berkesempatan mengisi kuliah tamu pada hari Kamis, 24/11/2022 dalam mata kuliah Brand Management di Sekolah Bisnis Manajamen ITB. 

Ica Lawendatu mengatakan, tahapan yang biasa Ia lakukan dalam proses pembuatan iklan antara lain mulai initial brief, yaitu mengolah konsep iklan yang diinginkan oleh klien, pra produksi, shooting, pasca produksi, sampai menjadi hasil akhir. Ica Lawendatu mengatakan, dalam proses pembuatan iklan, dia selalu berusaha memberikan konsep yang kreatif.

Ica menghindari salah komunikasi dengan tim dan klien dengan melakukan beberapa kali konfirmasi, agar proses pembuatan iklan berjalan lancar dan minim perubahan.

Kontributor: Defrina Dwifani, MSM 2022