Sebanyak 32 mahasiswa program Young Professional (YP) Magister Administrasi Bisnis (MAB) ITB menghadiri kuliah tamu mata kuliah Metodologi Penelitian untuk Bisnis, pada Rabu (21/6) di Kampus Bandung. Turut hadir Prof. Dr. Ir. Utomo Sarjono Putro, M.Eng, pengampu mata kuliah tersebut.

Dosen tamu yang hadir adalah Evi Rachmawati, S. Kom, MBA, Asisten Analis Teknologi dan Informasi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sekaligus alumni pada program BLEMBA (Business Leadership Executive MBA) Angkatan 65. Tema yang dibawakan adalah “Strategi Publikasi untuk Mahasiswa MAB”.

Kuliah tamu yang dilaksanakan selama 2 hari ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam mengerjakan jurnal pada semester selanjutnya. Penerbitan jurnal adalah salah satu syarat lulus bagi mahasiswa MAB ITB.

Evi membuka mata kuliah mengenai strategi pemilihan topik untuk tesis. Sebab jurnal merupakan publikasi ilmiah hasil tesis.

Evi memberi contoh pencarian jurnal menggunakan Scopus. Menurut Evi, dalam pencarian jurnal mahasiswa harus merangkum referensi jurnalnya untuk memudahkan mahasiswa dalam penulisan tesis.

Evi juga membagikan tips mengenai penulisan abstrak yang menarik dan informatif. Mahasiswa diberi kesempatan untuk berdiskusi mengenai topik tesis mereka dan Evi memberikan masukan yang berharga. Kuliah tamu ini memberikan wawasan yang bermanfaat bagi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan penelitian dan publikasi ilmiah mereka.

32 Mahasiswa MBA ITB Young Professional (YP) menghadiri kuliah tamu mata kuliah Metodologi Penelitian untuk Bisnis,
Kontributor: Aliva Rachma Delia, MBA YP 67