Beberapa faktor menjadi kunci keberhasilan sebuah organisasi. Organisasi harus memiliki visi yang jelas dan meyakinkan. Visi harus menguraikan tujuan dan arah organisasi. Visi yang kuat menginspirasi karyawan dan menyelaraskan upaya mereka menuju tujuan bersama.

Organisasi juga harus punya kepemimpinan yang efektif, yang memainkan peran penting dalam membimbing dan memotivasi tim, menumbuhkan budaya kerja yang positif, dan membuat keputusan strategis. Pemimpin yang kuat mendorong inovasi, kolaborasi, dan pembelajaran berkelanjutan.

Selain itu, organisasi juga harus membangun tenaga kerja yang berbakat dan beragam, memelihara keterlibatan karyawan, dan mempromosikan budaya komunikasi terbuka. Kepercayaan sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang.

Demikian disampaikan oleh Dr. Enkky Sasono, mantan Direktur Human Capital Management PT Jasa Marga (Persero) saat mengisi kuliah tamu Human Capital Management di SBM ITB pada Jumat (14/7). Dalam kuliah tersebut Enkky membawakan materi bertajuk “Leadership 4.0 in Driving Talent Management Practice”. Menurut Enkky, organisasi harus beradaptasi dan merangkul perubahan, tetap gesit dan tanggap terhadap dinamika pasar yang terus berkembang. Prinsip tersebut melibatkan upaya-upaya untuk merangkul teknologi baru, mendorong inovasi, dan terus meningkatkan proses.

Yang harus diingat, kata Enkky, organisasi harus menjaga fokus pada kepuasan pelanggan dan memberikan nilai Memahami kebutuhan pelanggan, mengantisipasi preferensi mereka, dan secara konsisten menyediakan produk atau layanan yang luar biasa merupakan pendorong utama kesuksesan. Dengan memprioritaskan elemen-elemen ini, organisasi dapat meningkatkan peluang mereka untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan kesuksesan jangka panjang.

Faktor-faktor tersebut perlu dicermati sebuah organisasi karena saat ini sedang memasuki transisi dari Revolusi 4.0 ke 5.0. Masyarakat 5.0 adalah sebuah konsep yang membayangkan masyarakat terintegrasi dengan teknologi canggih untuk mengatasi tantangan masyarakat yang kompleks. Ini bertujuan untuk menggabungkan dunia fisik dan digital untuk kepentingan individu dan komunitas. Masyarakat 5.0 menekankan koeksistensi manusia dan teknologi yang harmonis, memanfaatkan inovasi seperti kecerdasan buatan, robotika, IoT, dan data besar untuk menciptakan masyarakat yang berkelanjutan dan inklusif.

Dr. Enkky Sasono, mantan Direktur Human Capital Management PT Jasa Marga (Persero),membawakan materi bertajuk “Leadership 4.0 in Driving Talent Management Practice”.
Kontributor: Defrina Dwifani, MSM 2022