Bekerjasama dengan SBM ITB, Shell Indonesia menyelenggarakan roadshow Shell LiveWIRE Energy Solutions 2024 di Auditorium SBM ITB, Bandung, pada Selasa (14/11). Shell LiveWIRE Energy Solutions 2024 merupakan pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Shell dan diikuti oleh wirausaha muda yang memiliki ide bisnis atau sedang menjalankan bisnis di berbagai sektor.

Program ini menjadi sebuah wadah yang mendorong perkembangan kewirausahaan di bidang energi baru dan terbarukan (EBT) di Indonesia dengan memberikan dukungan melalui pengembangan kemampuan generasi muda yang tertarik menyelesaikan isu-isu energi melalui pengembangan bisnis di bidang energi. Potensi EBT di Indonesia sangatlah besar, di antaranya adalah potensi Energi Surya yang potensinya mencapai 3.295 GigaWatt, dan Energi Panas Bumi yang mencapai 23 GigaWatt. Akan tetapi pemanfaatannya kini hanya berkisar 322,6 MegaWatt untuk Energi Surya, dan 2.373,1 MegaWatt untuk energi Panas Bumi. 

Diperlukan kolaborasi antar pemerintah, swasta, dan masyarakat untuk memaksimalkan potensi ini. Menurut Direktur Eksekutif Yayasan IBEKA Tri Mumpuni, masyarakat lewat wirausaha sosial atau Badan Usaha Milik Desa (BUMDES)  bisa berfokus untuk membuat inovasi energi yang memanfaatkan potensi lingkungan yang ada di daerahnya, seperti pembangkit listrik tenaga air, dan semacamnya. 

“Kita membangun energi sama dengan kita juga membangun bangsa,” ujar Tri Mumpuni yang hadir dalam pembukaan roadshow tersebut.   

Mencapai mimpi energi bersih di Indonesia tentu tidaklah mudah. Lewat semangat kolaborasi antar stakeholder, masyarakat dan semangat para pemudanya, bisa menjadi pendobrak dalam peralihan ke energi terbarukan.

Kontributor: Muhamad Fajrin M, Manajemen 2024