The Greater Hub SBM ITB kembali menggelar Industrial Mentoring Session, kali ini bertajuk “Market Validation & Go-to-Market Strategy”. Berlangsung pada Jumat (10/5), mentoring kali ini diisi oleh Vice President of Investment BRI Ventures Erik Hormein.

BRI Ventures adalah anak usaha Bank BRI yang berfokus pada penyertaan modal kepada perusahaan atau perseorangan dalam tahap rintisan awal atau start-up baik di Indonesia maupun regional. Dengan memanfaatkan jaringan luas dan keahlian BRI di sektor keuangan, BRI Ventures berupaya memberdayakan para pemimpin industri dan mempercepat pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Menurut Erik, market validation adalah proses untuk meyakinkan bahwa produk yang dihasilkan seorang pengusaha dapat diterima pasar dengan cara mengetes konsep produk kepada pelanggan potensial. Sedangkan Go-to-Market Strategy adalah rencana langkah demi langkah untuk peluncuran produk baru atau ekspansi ke pasar yang baru yang membantu pengusaha untuk meluncurkan produk ke audiens yang tepat, dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat. Erik menjelaskan bagaimana strategi dan cara penghitungan dua konsep tersebut kepada para peserta.  

“Ternyata market validation itu penting dan bentuknya bisa berbagai macam. Apabila bisnis kita ini sudah market validated, nanti barulah bisa kita dapet funding dari investor atau venture capital,” ucap Pieter Jose, salah satu mahasiswa SBM ITB yang mengikuti kegiatan ini.

Mentoring ini dimaksudkan untuk membatu para peserta merintis pendanaan awal perusahaan mereka. Ada sekitar 21 start-up yang mengikuti kegiatan ini.  Selain startup, peserta umum juga ikut dalam sesi mentoring ini. 

Kontributor: Angeline Halim, Manajemen 2024