Perbaikan dan inovasi berkelanjutan memegang peranan penting dalam bisnis. Untuk itu, Fridericiana Marie, Pendiri dan CEO PT Mari Sini Bermimpi (Maiimi) mendorong mahasiswa yang ingin berbisnis untuk “terus melakukan apa yang ingin dilakukan, dan terus meningkatkan apa yang sudah dilakukan.” 

Nasihat ia sampaikan saat mengisi kuliah tamu bagi kelas Kewirausahaan angkatan 2025 di Sekolah Bisnis Manajemen Institut Teknologi Bandung (ITB), Jatinangor, pada Rabu (10/7). Pada kuliah tamu tersebut Marie berfokus aspek penting saat mengembangkan usaha baru, yaitu market testing. 

Marie membagikan pengalaman dan tantangan yang dihadapinya saat membangun perusahaannya. Dia menyoroti pentingnya storytelling dalam pengembangan produk. 

“Storytelling sangat penting sepanjang perjalanan produk. Ini menghubungkan produk kita dengan pelanggan pada tingkat emosional, membuatnya lebih mudah diterima dan menarik,” kata Marie. 

Marie juga mengingatkan untuk tidak mengulangi kesalahan masa lalu. Marie menekankan agar pebisnis belajar dari kesalahan sebelumnya dan menerapkan pelajaran tersebut untuk masa depan.

Kuliah ini tidak hanya berupa diskusi teoretis tetapi juga mencakup elemen interaktif di mana mahasiswa bisa mengajukan pertanyaan dan mencari nasihat langsung dari Marie. Keterlibatan ini memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan praktis dan wawasan yang langsung dapat diterapkan pada proyek mereka.

Kontributor: Putri Dzakiyah Suharyono, Kewirausahaan 2025