SBM ITB, memperkenalkan program Mini SBM dan mata kuliah baru Industry Based Learning dalam Open House ITB yang digelar di Sasana Budaya Ganesha, ITB, Bandung, pada Sabtu (4/1). Open House ITB sendiri merupakan kegiatan yang digelar oleh Direktorat Pendidikan Non Reguler ITB untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi perkuliahan.
Dalam open house tersebut, Direktur Pendidikan Non-Reguler ITB Prof. Ir. Ridwan Sutriadi, memaparkan Program Light Akademia, sebuah program pre-university yang bertujuan mempersiapkan calon mahasiswa menghadapi tantangan pendidikan tinggi di ITB. Program ini hadir dengan tagline #SemuaBisaBelajardiITB dan dirancang untuk mengatasi kesenjangan kemampuan akademik serta membantu mahasiswa beradaptasi dengan materi kuliah yang lebih kompleks.
Open house terebut juga digunakan oleh SBM ITB untuk memperkenalkan Program Mini SBM, program vokasi berdurasi satu tahun yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi dasar serta mempersiapkan mereka menghadapi dunia kerja. Program ini bertujuan menciptakan ‘The Future Operational Manager’ melalui kolaborasi langsung dengan industri. Sejauh ini, 32 wisudawan telah menyelesaikan program ini, dengan 24 di antaranya langsung direkrut oleh perusahaan mitra.
SBM ITB juga memperkenalkan mata kuliah baru bernama ‘Industry-Based Learning’, yang memungkinkan mahasiswa terlibat langsung dalam menyelesaikan permasalahan nyata di industry, seperti layaknya sebagai konsultan junior. Koordinator Komunikasi SBM ITB Dr. N. Nurlaela Arief, mengatakan, mata kuliah Industry Based Learning mengurangi pembelajaran di kelas. Mahasiswa diharapkan dapat belajar mandiri dengan project langsung, memberikan solusi dari permasalahan industri yang disampaikan oleh pengajar praktisi.
“Pembelajaran berbasis praktik lebih diutamakan,” ujarnya.
Selain itu, SBM ITB juga mengadakan sosialisasi langsung mengenai program studi Manajemen dan Kewirausahaan. Hadir Ketua Program Studi Manajemen Dr. Ahmad Fajar Hendarman, Hdan Ketua Program Study Kewirausahaan Sonny Rustiadi, Ph.D, Acara ini memberikan pemahaman lebih mendalam kepada calon mahasiswa mengenai keunggulan dan peluang yang ditawarkan setiap program studi, baik program regular maupun program international.
Selain sosialiasi SBM ITB juga mengadakan tur kampus yang diikuti sekitar 185 mahasiswa dan didampingi para orang tua dan keluarga. Untuk memberikan gambaran nyata, alumni SBM ITB turut diundang untuk berbagi testimoni inspiratif.
“SBM ITB itu paket lengkap. Di SBM, kami tidak hanya belajar hard skill, tetapi juga soft skill. Kombinasi ini menghasilkan pemimpin-pemimpin sukses di dunia korporasi,” kata Celta Amadea, Alumni SBM ITB’ 23, yang saat ini menjabat Product Manager di XL Axiata.
SBM ITB, dengan hubungan kuatnya dengan industri, memastikan seluruh dosen memiliki pengalaman langsung di sektor industri. Hal ini menjadikan SBM ITB sebagai lembaga pendidikan yang relevan dan responsif terhadap kebutuhan dunia kerja.
![](https://www.sbm.itb.ac.id/wp-content/uploads/2025/02/OPEN-HOUSE-ITB-Image-2025-02-08-at-10.35.13-AM-1-1024x576.jpeg)
![](https://www.sbm.itb.ac.id/wp-content/uploads/2025/02/OPEN-HOUSE-ITB-Image-2025-02-08-at-10.35.13-AM-2-1024x576.jpeg)
![](https://www.sbm.itb.ac.id/wp-content/uploads/2025/02/OPEN-HOUSE-ITB-Image-2025-02-08-at-10.35.13-AM-3-1024x576.jpeg)
![](https://www.sbm.itb.ac.id/wp-content/uploads/2025/02/OPEN-HOUSE-ITB-Image-2025-02-08-at-10.35.13-AM-1024x576.jpeg)
![](https://www.sbm.itb.ac.id/wp-content/uploads/2025/02/OPEN-HOUSE-ITB-Image-2025-02-08-at-10.35.14-AM-1-1024x576.jpeg)
![](https://www.sbm.itb.ac.id/wp-content/uploads/2025/02/OPEN-HOUSE-ITB-Image-2025-02-08-at-10.35.14-AM-1024x576.jpeg)