Sektor UMKM menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia dengan menyerap hingga 97 % dari tenaga kerja. Namun, pandemi Covid-19 menjadi ancaman sekaligus peluang bagi UMKM untuk terus bertumbuh. Dengan menerapkan konsep digitalisasi, UMKM diharapkan mampu beradaptasi dengan Covid-19 dan bisa menjangkau pasar yang lebih luas.
Dosen sekaligus Peneliti SBM ITB, Yulianto Suharto, PharmD, MBA, MSc mengungkapkan bahwa digitalisasi merupakan salah satu konsep bisnis yang sedang banyak dilakukan saat ini. Ditambah dengan situasi pandemi Covid-19, menjadikan digitalisasi sebagai sebuah keharusan untuk diterapkan. Yulianto mencontohkan konsep digitalisasi menggunakan tools digital untuk membantu proses bisnis, seperti digital marketing dengan menggunakan e-commerce atau social media untuk mempromosikan produk atau layanan.
“Digitalisasi adalah bagaimana memanfaatkan informasi yang ada di digital untuk membantu proses bisnis. Digital marketing adalah salah satu bentuk digitalisasi dimana proses bisnisnya dibantu,” ucap Yulianto dalam workshop ifortepreneur 4.0 yang diadakan pada Rabu, (13/10/2021).
Iforteprenuer 4.0 adalah kompetisi bisnis plan yang diselenggarakan oleh PT. iForte Solusi Infotek dengan tujuan membantu para pelaku UMKM dalam melakukan digitalisasi dan transformasi digital. Yulianto Suharto menjadi pembicara dalam seri workshop kegiatan Ifortepreneur 4.0 tersebut. Dia menjelaskan terkait digitalisasi dan transformasi digital kepada pelaku UMKM. Selain Yulianto, workshop juga dihadiri oleh pelaku UMKM yang telah berhasil dalam digitalisasi. “Dengan kegiatan yang diinisiasi oleh iforte, pelaku UMKM punya wadah supaya UMKM tidak ketinggalan kereta dengan terjadinya perubahan mindset digital,” jelas Yulianto.
Melalui presentasinya, Yulianto juga mengungkapkan bahwa proses digitalisasi mampu menciptakan potensi bisnis baru. Yulianto mencontohkan, seperti dengan bantuan digital marketing dapat menghilangkan batasan wilayah sehingga UMKM bisa menjual produk mereka hingga ke Papua.
Selain digitalisasi, Yulianto juga mengungkapkan salah satu konsep yang juga sering digunakan saat ini, yaitu transformasi digital. Transformasi digital tidak hanya banyak diimplementasikan oleh pelaku UMKM, tetapi juga banyak digandrungi oleh perusahaan besar. Ia meyakini bahwa dengan adanya transformasi digital mampu meningkatkan layanan ke konsumen. “Transformasi digital itu adalah bagaimana membangun culture digital untuk melayani konsumen lebih cepat, lebih baik, dan lebih tepat,” imbuhnya.