SBM ITB mengadakan tur kampus untuk mahasiswa baru angkatan 2024 yang merupakan masa orientasi hybrid pertama semenjak pandemi Covid-19. Diadakan pada hari Senin (15/11/2021) hingga Rabu (17/11/2021), mahasiswa datang ke wilayah kampus SBM secara luring dengan menaati anjuran pemerintah serta protocol kesehatan.

Acara diawali dengan kata sambutan dari Dekan SBM ITB, Prof. Utomo Sarjono Putro. Sebagai pembekalan, Utomo memaparkan misi dari SBM yakni mengedukasi mahasiswa menjadi pemimpin inovatif dengan pola pikir kewirausahaan dan membangun pengetahuan bisnis dan manajemen untuk masa depan bisnis, pemerintah dan masyarakat yang lebih baik.

“Dengan pembelajaran yang membentuk pola pikir kewirausahaan, mahasiswa dituntut untuk mampu menyadari dan melihat peluang, mengambil risiko, dan mengambil keputusan, tanggung jawab dan bekerja sama dengan orang lain,” said Utomo.

Dengan nilai dasar (Integrity, Excellence, Mutual Trust, Innovative, dan Harmony), mahasiswa diharapkan dapat menjawab tantangan global kedepan. Terutama dalam menghadapi kompetisi, cooperation, perubahan, ketidakpastian, kecepatan dan tuntutan kreativitas.

Dilanjutkan dengan pembukaan oleh masing-masing Kepala Program Studi Management, Dr. Eng. Nur Budi Mulyono dan Kepala Program Studi Kewirausahaan Akbar Adhiutama, Ph.D. Pada Program Studi Management, mahasiswa diajak untuk terjun dan berkontribusi dalam pembelajaran berbasis ekosistem. Dengan ragamnya tutor dan dosen tamu, diharapkan setiap mahasiswa dapat aktif berkontribusi dalam perjalanan pembelajaran mereka. Sementara, Program Studi Kewirausahaan diharapkan dapat menghasilkan technopreneur dengan berbagai kekhususan bisnisnya masing-masing.

Acara ditutup dengan pembagian informasi dari berbagai profil laboratorium, pusat penelitian dan inkubator SBM ITB. Tanpa terkecuali, semua laboratorium, pusat penelitian dan incubator ini dipimpin langsung oleh dosen-dosen yang memiliki kapasitas dan keahlian di bidangnya masing-masing.

Permainan sebagai Metode Pembelajaran

Salah satu dari rangkaian kegiatan tur kampus SBM ITB adalah simulasi bisnis dengan menggunakan permainan. Para mahasiswa memainkan salah satu board game bernama Business Empire. Business Empire merupakan sebuah permainan jenis table-top game atau permainan papan dan kartu yang memberikan pengalaman mengenai bagaimana mengelola bisnis.

Business Empire dikembangkan untuk dapat memberikan pengalaman terkait entrepreneuship, customer orientation, adaptability, business strategy dan negotiation selama permainan berlangsung. Tujuan utama dari permainan Business Empire ini adalah menjadi pebisnis terbaik dengan kekayaan terbesar yang dapat mengalahkan pebisnis atau kompetitor lainnya.

Pada permainan ini, setiap pemain memiliki satu perusahaan yang harus dikelola berdasarkan peran yang dipilih oleh masing masing pemain. Dalam menjalankan permainan, para mahasiswa dipandu oleh fasilitator yang memberikan instruksi selama permainan. Fasilitator yang terlibat merupakan mahasiswa kakak angkatan, yang belum pernah berinteraksi dengan adik kelasnya selama pandemi ini. Harapannya, kakak angkatan akan dapat mengenal adik angkatannya dengan lebih baik.

Permainan Business Empire merupakan salah satu board game yang dikembangkan oleh Laboratory of Educational Games (LEG), salah satu Lab yang ada di SBM ITB. LEG merupakan laboratorium yang mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan pendekatan gamifikasi atau game based learning.

Selamat datang kepada mahasiswa baru angkatan 2024, semangat belajar dan aktiflah dalam kegiatan kampus. Kami tunggu kalian dalam acara kampus selanjutnya.

Kontributoe: Erwin Josua, EMBA 2021