Kita harus paham bahwa pada dasarnya tantangan tidak hanya ada pada saat pandemi saja. Setiap waktu kita mendapatkan tantangan yang berbeda beda. Oleh dari itu, penting bagi kita memiliki pola pikir untuk selalu waspada dalam setiap kondisi. Untuk memberikan gambaran umum dalam industri logistic dan pelayaran, MBA ITB Jakarta mendatangkan CEO of Samudera Indonesia, Bani Mulia, Kamis (20/1/2022)

“Dalam industri pelayaran, kami percaya bahwa pada dasarnya akan ada tantangan di setiap ombak. Maka dari itu kita perlu waspada dan berpikir bagaimana kita bangkit dari setiap tantangan yang datang,” tutur pria lulusan Universitas Indonesia dan Deakin University, Australia itu.

Bani menjelaskan bahwa permasalahan yang diakibatkan oleh pandemi lebih dari isu kesehatan. Sebagai contohnya, dia menjelaskan masalah mengenai krisis container secara global dan tingginya freight cost merupakan tantangan terkini yang dihadapi oleh industri perkapalan.

“Karena sempat terjadi krisis secara internasional, permasalahan demand-supply container intenasional membesar. Dampaknya adalah secara rasional akan mempengaruhi produksi dari dalam negeri. Hal yang menjadi tantangan bagi setiap perusahaan di industri ini adalah untuk menekan cost dan dengan kreatif mencari pemecahan masalah terkait permodalan,” tutur Bani.

Dalam kondisi seperti ini, kecepatan dan ketepatan dalam pengambilan keputusan sangatlah kritis. Dengan komitmen yang besar, Samudera Indonesia dan seluruh anak perusahaannya akan terus berjuang untuk menghubungkan seluruh wilayah Indonesia lewat jalur laut. Adapun strategi Samudera Indonesia adalah tetap terus menjalin kolaborasi dengan berbagai start-up baik lokal maupun internasional, bekerja dengan yang muda agar dapat mengejar kemajuan era digital dan selalu mawas diri dengan kondisi kompetitor agar dapat terus berinnovasi.

Kontributor: Erwin Josua, EMBA 2021