Sertifikasi menjadi salah satu standar untuk mengukur sejauh mana seseorang sudah mampu untuk melakukan sebuah pekerjaan tertentu. Sertifikasi menunjukan kemampuan dan keahlian profesional yang dimiliki oleh sebuah badan organisasi atau individu tertentu.

Tantangan global menimbulkan kualifikasi baru dengan standar yang semakin tinggi, baik dari segi pendidikan dan kemampuan yang dimiliki setiap individu. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan industri dalam mengembangkan setiap lini bisnisnya di era modern atau globalisasi.

“Kualifikasi yang semakin tinggi terhadap kebutuhan tenaga kerja di dalam dunia industri, membuat setiap individu perlu untuk memiliki kemampuan yang sudah terakreditasi pada standar profesional. Artinya kemampuan yang dimiliki harus sudah dapat diakui oleh badan resmi tertentu. Ketika seseorang sudah memiliki kompetensi profesional yang sudah diakui, hal ini dapat mempermudah seseorang dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan,” ucap Prof. Fauzi Hasan dalam sesi Guest Lecturer MBA ITB, Rabu (2/2/2022).

Untuk menjawab tantangan global yang terjadi, setiap individu memerlukan sebuah sertifikasi yang berstandar internasional atau disebut dengan sertifikasi internasional. Sertifikasi ini tidak terkait terhadap sebuah penghargaan yang dimiliki oleh setiap individu, melainkan sebuah wujud bukti bahwa individu tersebut memiliki sebuah kemampuan profesional yang dibutuhkan.

Terdapat 5 alasan mengapa seseorang tersebut perlu memiliki sertifikat internasional. Pertama, seseorang akan mendapatkan upah yang lebih tinggi. Kedua, seseorang akan semakin siap untuk memasuki dunia pekerjaan. Ketiga, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan yang dibutuhkan perusahaan. Keempat, meningkatkan penghargaan yang didapatkan. Kelima, dapat memilih beberapa jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan profesional yang sudah tersertifikasi.

Di sisi lain, ketika perusahaan mendapatkan tenaga kerja yang sudah tersertifikasi pada sebuah standar, khususnya standar internasional, perusahaan akan mendapatkan lebih banyak keuntungan, yang mana produktivitas perusahaan akan meningkat akibat tenaga kerja yang profesional dan biaya training akan semakin efektif.

Oleh karena itu, sertifikasi internasional adalah salah satu hal penting yang perlu dimiliki oleh setiap individu. Sertifikasi membuat setiap individu semakin kompeten di setiap pekerjaannya, memiliki kemampuan dasar dalam berpikir dan bertindak, memiliki kemampuan yang diakui, dan juga semakin mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

Namun, sertifikasi bukanlah sebuah akhir untuk seseorang dapat berkembang, karena pengembangan diri adalah sesuatu yang bersifat kontinuitas yang artinya setiap orang perlu terus mengembangkan kemampuan dan pengetahuan. Dengan begitu, setiap individu dapat menciptakan sebuah nilai baru di dalam dirinya yang dapat membedakan dirinya dengan orang lain.

Kontributor: Hutahaean Andina Putri Melinda Gamaliel, Manajemen 2021