The Greater Hub ITB memulai fase baru inkubator bisnisnya dengan mengadakan acara pembukaan Coaching Clinic UKM Jawa Barat Batch 2022 pada Sabtu (19/2/2022). Berbeda dengan sebelumnya, di Coaching Clinic ketujuh yang diselenggarakan ini, The Greater Hub berkolaborasi dengan Shopee untuk meningkatkan kondisi bisnis usaha mikro kecil menengah (UMKM) ke ranah bisnis daring

Program ini memiliki tiga tujuan, yaitu untuk membantu penyelesaian masalah UMKM terutama dalam bidang manajemen, membantu pengembangan bisnis UMKM, serta membuka kesempatan kerjasama antara UMKM dan mahasiswa MBA ITB yang berperan sebagai pelatih dibawah supervisi Direktur inkubator, dosen SBM ITB, dan mentor inkubator. Adapun empat bantuan keahlian yang ditawarkan meliputi Marketing, Operation, Financial, dan Human Resource Management.

Acara ini dimulai dengan pemaparan oleh Direktur dari The Greater Hub ITB, Dina Dellyana, tentang teknis serta mekanisme dari coaching clinic. Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam program ini adalah pelatihan rutin, kelas yang diadakan setiap bulan, konsultasi tentang hukum, dan evaluasi.

Daily coaching will be held from February 21, 2022, to May 12, 2022, where MSMEs are free to consult their problems with the coaches. This activity is open every Monday to Friday from 3 to 5 pm.

Daily coaching dilaksanakan mulai Senin (21/2/2022) hingga Kamis (12/5/2022), UMKM bebas berkonsultasi dengan para pelatih terkait permasalahan yang dihadapi. Kegiatan ini dibuka setiap hari Senin sampai Jumat pukul 15.00 hingga 17.00.

 

“Setiap hari ada tim yang standby dan teman-teman UMKM tidak perlu khawatir karena coach kami sudah melalui training untuk menjawab akar permasalahan yang dihadapi. Mungkin tidak semua pertanyaan bisa dijawab onsite oleh coach karena harus didalami lagi, jadi UMKM harus sabar karena coach akan berkonsultasi dengan mentor untuk di eskalasi,” ujar Dina.

Sedangkan kelas bulanan adalah kelas bersifat tematik yang diadakan atas kerjasama dengan Shopee dan lebih berfokus pada pengembangan bisnis daring. Beberapa materi yang akan dibahas diantaranya peluang pemasaran daring dan global melalui Shopee Export, pentingnya identitas toko melalui pemerekan dan cara memaksimalkan sosial media untuk meningkatkan penjualan di toko. Selain kelas-kelas tersebut, ada juga kelas lanjutan yang dapat diikuti setelah program Coaching Clinic. UMKM yang mengikuti kelas juga berkesempatan untuk mengikuti program exposure shopee, seperti Hot Deals, Shopee Pilih Lokal, dan Kreasi Nusantara.

“Jangan sungkan untuk bertanya, curhat, dan yang terpenting jangan minder. Disini, kita semuanya sama-sama belajar, sama-sama mulai dari awal untuk mengembangkan bisnis. Tim Shopee akan selalu siap membantu,” tutur M. Riva Yozi Pratama, spesialis pengembangan UMKM sebagai perwakilan dari Shopee.

Kontributor: Janitra Nur Aryani, Manajemen 2023