Tiga mahasiswa SBM ITB yaitu Eli Sulistyowati, Ramel Akil P, dan Dinara Tsabita menorehkan prestasi membanggakan. Mereka memenangi kompetisi startup nasional bertajuk Information System Festival (ISFEST) 2022.  Clinomania–nama tim mereka–juga mendapat pendanaan pengembangan wirausaha digital dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesi dalam  program Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa (IWDM) 2022.

Penyelenggara ISFEST 2022 adalah Himpunan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Dalam kompetisi ini, Clinomania menginisiasi sebuah startup bernama ‘Tutorin’, sebuah platform belajar yang memfasilitasi publik untuk belajar bersama tutor secara privat dan lebih personal dibandingkan bimbingan belajar yang sudah ada.

“Kalau bimbel biasanya sudah ada paketnya per tahun atau per semester, jadi kami membuat sebuah platform yang ketika orang ingin belajar, bisa fleksibel cari tutor dan menentukan sendiri mau belajar apa, materinya apa, dan durasi waktunya berapa,” kata Akil sebagai CEO dari Tutorini ketika diwawancarai pada Selasa, 06/09/2022. “Kami ingin menciptakan ekosistem dimana belajar itu bisa sesuai kebutuhan dan keinginan saja.”

Tidak hanya terbatas pada bimbingan di bidang akademik bagi siswa SMA, Tutorin juga menawarkan asistensi di bidang kompetisi hingga karir. Sehingga, para mahasiswa tidak perlu bingung lagi dalam mencari mentor yang dapat membimbing mereka untuk berkembang dan meraih prestasi.

Menurut Eli, anggota tim Clinomania lainnya, berkat pendanaan yang didapat, saat ini Tutorin sedang dalam proses untuk melaksanakan ide bisnisnya. Selain mereka bertiga, Tutorin juga dibangun dengan kolaborasi bersama dua mahasiswa dari fakultas lain di ITB, yaitu Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) dan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB. Tim Clinomania menargetkan Tutorin untuk diluncurkan pada akhir tahun ini.

“Kami sedang progress secara bertahap untuk realisasi. Saat ini sedang membangun brand awareness, aktivasi social media,” kata Eli. “Harapan kami, Tutorin bisa mewujudkan tujuan kebermanfaatannya untuk membantu pendidikan dan memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk memiliki pengalaman kerja dan mendapat penghasilan tambahan.”

Kontributor: Janitra Nuraryani, Manajemen 2023