Seluruh mahasiswa baru Sekolah Bisnis Manajemen ITB Tahun 2022 mengikuti “Product Bazaar” pada hari Sabtu (26/11/2022). Acara berlangsung di Aula Barat ITB. 

Product Bazaar itu penuh dengan stan. Isinya berupa produk yang dijual oleh para mahasiswa. 

Bazaar tersebut menarik minat banyak orang, mulai dari mahasiswa fakultas lain hingga wali mahasiswa. Product Bazaar merupakan puncak proyek mahasiswa SBM ITB Tahun 2022 dalam tugas mata kuliah Introduction To Business. Ramainya pengunjung membuat mahasiswa merasakan bagaimana rasanya melayani pelanggan dalam jumlah banyak. 

“Wah sumpah sih, kali ini pelanggan kita dua kali lipat dari sebelumnya yang biasanya di cafe atau event. Sampai waiting list banyak banget. Keren banget dan lumayan melelahkan,” ucap Dafa Azakaya Mubi sebagai CEO perusahaan Ngeshoot Project. 

Setiap stan memiliki ciri khas masing-masing. Contohnya, perusahaan Nuslice yang mengangkat tema nusantara, Yin Yum yang menggunakan gaya Tionghoa, dan masih banyak lagi. Ada juga perusahaan yang menggunakan properti unik seperti Ngeshoot Project yang membawa photobooth besar. 

Para mahasiswa butuh 11 jam untuk mendekorasi stan mereka. Selama kegiatan bazar berlangsung, ada juga kegiatan lain di samping pameran produk. Misalnya, Drone Race Competition, di mana para mahasiswa mengoperasikan alat bernama Drone dan harus melewati beberapa tantangan yang cukup sulit. Kedua, Business Empire, di mana mahasiswa menempatkan posisinya sebagai CEO lalu mengelola suatu usaha dan bagaimana cara untuk mendapat keuntungan. 

Tiap kegiatan berlangsung selama 1 jam. Acara kemudian ditutup dengan pemutaran video dari teaching team lalu dokumentasi dan menyanyikan lagu Sekolah Bisnis bersama-sama.

Kontributor: Luthfaliya Zahira, Manajemen 2025