Setiap startup perlu memilih model bisnis yang tepat. Startup perlu fokus pada satu model saja, untuk meminimalisir kebingungan. Baik kebingungan bagi perusahaan maupun pelanggan.

Menurut CEO Agate International, Shieny Aprilia, setidaknya ada tujuh tipe model bisnis yang sedang berkembang di dunia startup saat ini. Mereka adalah software as a service, marketplace, usage-based, advertisement, transactional, enterprise, dan e-commerce. 

“Startup sangat disarankan untuk fokus pada 1 model terlebih dahulu,” ungkap Shieny saat mengisi sesi inkubasi bisnis besutan Sekolah Bisnis Manajemen Institut Teknologi Bandung, The Greater Hub, di Bandung (10/11). 

Dalam sesi tersebut Shieny juga membahas strategi pricing yang efektif dengan memaparkan konsep “pricing first principle.” Ia menggarisbawahi bahwa selisih antara cost, price, dan value harus diatur dengan bijak. Menurutnya, cost seharusnya menjadi yang terkecil, sedangkan value menjadi fokus utama.

“Saat strategi pricing sudah ideal, pelanggan akan mengeluhkan harga mahal, tapi tetap setia menggunakan produk atau jasa kita,” terang Shieny.

Shieny juga memberikan tips menangani kenaikan harga tanpa menyingkirkan pelanggan. Untuk mengatasi situasi di mana pelanggan menolak kenaikan harga, Shieny memberikan beberapa tips praktis, seperti menambahkan nilai tambah pada produk, menyelesaikan masalah yang lebih besar, atau memberikan diskon pada kondisi tertentu.

“Kalo memang kita mengejar logo perusahaannya, ya kita gunakan diskon itu sebagai marketing cost aja,” ujar Sheiny. Dengan demikian pelanggan tidak lari namun perusahaan tetap bisa menyesuaikan harga.  

Kontributor: Anggi Nurdiani, Manajemen 2024