Dalam lanskap bisnis e-commerce, mengelola hubungan dengan pelanggan merupakan salah satu pilar penting bagi kesuksesan bisnis. Untuk itu, penerapan strategi Customer Relationship Management (CRM) yang efektif melalui sosial media serta segmentasi pelanggan yang tepat merupakan fondasi yang tidak tergantikan dalam dunia perdagangan online.

“Segmentasi pelanggan dalam merancang strategi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi adalah kunci untuk mengkonversi kegiatan pemasaran menjadi penjualan aktif yang signifikan,” ujar Nuraeni Saripudin Johnson, Associate Vice President CRM Blibli.com dan kandidat doktor SBM ITB, saat mengisi guest lecture Integrated Business Asia di SBM ITB pada Selasa (23/4).  

Nuraeni mendefinisikan CRM sebagai alat vital untuk menjaga interaksi konstan dengan pelanggan. Baik melalui email, notifikasi telepon, hingga media sosial seperti WhatsApp. CRM merupakan salah satu cara untuk menghindari inaktivitas pelanggan. Lebih lanjut, Nuraeni menjelaskan peran penting media sosial dalam membangun branding e-commerce, terutama setelah pandemi COVID-19 yang memperluas penggunaan platform ini. 

“Media sosial telah menjadi alat yang kuat untuk membangun engagement dengan pelanggan dan meningkatkan kesadaran merek,” tambahnya, menggarisbawahi pentingnya pemasaran yang terpersonalisasi dan berbasis data.

Selain itu, ia menggambarkan bagaimana media sosial dapat digunakan untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web pelanggan, yang berujung pada peningkatan konversi dan penjualan. 

“Dengan memanfaatkan media sosial untuk menyasar audiens yang tepat, kita dapat secara signifikan meningkatkan konversi dan sales, memastikan investasi yang terjamin,” kata Nuraeni.

Menutup presentasinya, Nuraeni merekomendasikan alat-alat digital kepada para mahasiswa untuk tetap up-to-date dengan perkembangan teknologi untuk bekerja secara lebih efektif dan efisien.

Kontributor: Hansen Marciano, Management 2025