Sebanyak 20 startup atau perusahaan rintisan resmi akan mengikuti program inkubasi bisnis The Greater Hub XVII, program besutan SBM ITB. Director of The Greater Hub, Dr. Dina Dellyana, membuka The Greater Hub XVII di Bandung pada Jumat (6/9. Program ini dirancang untuk mendorong inovasi, menciptakan venture, dan membantu pengelolaan bisnis kecil di kalangan komunitas SBM ITB melalui ekosistem kewirausahaan yang komprehensif.

Dalam pembukaan The Greater Hub XVII tersebut, dua puluh startup tersebut mengikuti sesi Objectives and Key Results (OKR) Setting dan DISC Personality. Menurut Dina, OKR merupakan sebuah alat manajemen yang ringan untuk menetapkan tujuan perusahaan dan menyelaraskan seluruh tim dengan hasil-hasil kunci yang ingin dicapai. Startup yang baik harus memiliki tujuan yang jelas dan fokus pada hasil yang terukur agar dapat berkembang. 

“Startup harus tahu ke mana mereka akan pergi dan bagaimana mencapai tujuan tersebut,” ungkapnya.

Sementara Nurfaisa Hidayanti, seorang psikolog dari SBM ITB, menguji DISC Personality setiap founder dari startup yang terpilih. DISC adalah metode penilaian yang memetakan kepribadian seseorang berdasarkan empat dimensi utama: Dominance, Influence, Steadiness, dan Conscientiousness. Nurfaisa menjelaskan hasil tes DISC yang telah dijalani oleh para founder dan bagaimana kepribadian mereka dapat berperan penting dalam kepemimpinan serta perkembangan bisnis.

Dengan pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat lebih siap untuk menghadapi tantangan di dunia bisnis dengan tujuan yang jelas serta pemahaman lebih baik terhadap diri mereka sendiri dan tim mereka. The Greater Hub terus berkomitmen untuk memberikan dukungan dan pendampingan kepada para startup melalui program inkubasi yang holistik. Program ini menjadi langkah awal yang signifikan bagi para startup untuk memperkuat fondasi bisnis mereka, mengembangkan inovasi, serta menjalin kolaborasi di tengah ekosistem kewirausahaan yang dinamis.

Kontributor: Batari Citra, MBA ENTRE 2023