Manajemen operasi dan kinerja adalah bidang manajemen yang berkaitan dengan proses transformasi input (misalnya bahan baku, tenaga kerja, teknologi, informasi) menjadi barang dan jasa yang berguna melalui suatu proses yang berkelanjutan (misalnya perencanaan, perancangan, pelaksanaan, pengendalian). Manajemen operasi dan kinerja yang baik akan membantu tercapainya biaya, waktu, kualitas, produktivitas, dan fleksibilitas pengiriman barang dan jasa yang kompetitif.
Mengingat manajemen operasi dan kinerja adalah salah satu fungsi inti organisasi, kelompok ini didedikasikan untuk melakukan kegiatan akademik terkait manajemen operasi dan kinerja. Selain itu, juga melakukan kegiatan penelitian dan layanan dengan mengintegrasikan strategi operasi, manajemen rantai pasokan, manajemen mutu, sistem teknologi dan informasi, serta manajemen kinerja untuk memenuhi kebutuhan penciptaan nilai. Ini mencakup topik-topik seperti strategi produk, manajemen pemasok, inovasi dan pengembangan produk, desain proses, manajemen hubungan pelanggan, rantai pasokan hijau, logistik, adopsi teknologi, pengelolaan sistem informasi, kontrol kualitas, pengukuran kinerja, dan lain-lain. Melalui integrasi ini, kami berharap dapat berkontribusi secara komprehensif khususnya bagi akademisi, organisasi, dan masyarakat.
Misi kami adalah membagi pengetahuan operasi kepada ilmuwan dan teknolog muda sehingga dapat menjadi pemimpin di tempat kerjanya. Para ilmuwan dan teknolog muda ini diharapkan memiliki pengetahuan praktik dan kompetensi untuk menerapkan pengetahuannya dalam rangka mencari solusi yang efektif untuk isu-isu di lapangan. Selain itu, juga diharapkan untuk memberikan kontribusi besar kepada masyarakat melalui kegiatan jasa dan publikasi riset.
Kerangka Keilmuan
Peta Jalan Penelitian
Strategi Operasi dan Keberlanjutan
Strategi Rantai Pasokan
Manajemen Mutu
Teknologi dan Sistem Informasi
Manajemen Kinerja
Anggota
Kepala: Gatot Yudoko, Ph.D